Resep Khas Jawa - Getuk Lindri

Resep Khas Jawa - Getuk Lindri

Resep Khas Jawa - Getuk Lindri

Bahan:

Singkong, kupas dan bersihkan, 500 gram
Gula pasir, 160 gram
Garam, ½ sdt
Pewarna makanan, merah dan hijau, masing-masing ¼ sdt

Bahan taburan:

Kelapa muda, parut, ½ butir
Garam ¼ sdt

Cara membuat:

Langkah pertama membuat resep getuk singkong adalah merebus singkong yang telah dikupas dan dibersihkan hingga matang dan empuk.
Setelah singkong matang, angkat singkong dari rebusan dan tunggu hingga agak dingin, lalu masukkan pada baskom.
Kemudian, hancurkan singkong rebus yang telah agak dingin tadi hingga hancur ke semua bagian. Jika dirasa singkong sudah hancur ke semua bagian, masukkan garam dan gula pada singkong. Lanjutkan dengan mencampur bahan dan bumbu getuk ini hingga merata ke semua bagian.
Lalu, bagi adonan menjadi tiga bagian yang sama. Dalam wadah pertama, beri pewarna makanan dengan warna merah, untuk wadah kedua beri warna hijau, dan biarkan singkong pada wadah ketiga dengan warna aslinya.
Aduk pewarna makanan dengan singkong hingga warna tergabung merata ke semua bagian singkong yang hancur tadi. Jika dirasa sudah tercampur secara merata, kini siapkan cetakan kue untuk membentuk getuk.
Pada cetakan kue yang dapat membentuk kue menjadi silinder kecil memanjang, gunakan alat tersebut untuk membentuk getuk menjadi panjang-panjang yang bulat. Setelah membentuk getuk menjadi bentuk memanjang, sajikan getuk lindri berwarna tiga tersebut pada piring.
Untuk membuat taburannya, campurkan parutan kelapa dan garam menjadi satu, lalu kukus sebentar dalam panci. Setelah selesai, biarkan sampai agak dingin. Baru taburkan taburan ini diatas getuk lindri.
Resep Khas Jawa - Getuk Lindri Resep Khas Jawa - Getuk Lindri Reviewed by Unknown on 9/25/2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.